Karakteristik Seorang Wirausahawan - foldersoal.com

Karakteristik wirausahawan adalah kemampuan dan sifat yang khas dari seorang wirausahawan yang membedakan antara seorang wirausahawan dengan orang lain. Beberapa karakter yang dimiliki oleh seorang wirausahawan antara lain:

1. Kemampuan mengenali peluang usaha

Peluang usaha adalah kesempatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpuaskan. Peluang usaha yang baik tidak akan muncul begitu saja, namu harus dilihat dengan kewaspadaan seorang wirausahawan terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Mengenali peluang usaha juga dapat ditemukan disekitar kita. Misalnya pemanfaatan enceng gondok atau kedebog pisang untuk kerajinan yang mempunyai nilai tinggi.

Pengenalan suatu peluang usaha biasanya dihasilkan dari pengetahuan dan pengalaman pribadi seorang wirausahawan. Pengetahuan yang dimiliki sebelumnya adalah hasil kombinasi antara pendidikan dan pengalaman yang pernah mereka geluti.

2. Berani mengambil resiko

Keberanian mengambil resiko harus disertai dengan komitmen yang kuat. Mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh keberhasilan. Kemauan untuk mengambil resiko merupakan nilai utama dalam kewirausahaan. Seorang wirausahawan harus mampu memperhitungkan resiko secara cepat dan tepat, sehingga dapat mengantisipasi kerugian yang akan terjadi. Banyak resiko yang ditemui seharusnya membuat seorang wirausaha justru selalu berusaha untuk memperhitungkan strategi usaha dengan cerdas, sehingga dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

3. Memiliki kreatifitas tinggi

Kreativitas adalah kemampuan untuk menghasilkan ide baru dengan menggabung, memodifikasi, atau mengubah ide yang telah ada. Seorang wirausahawan harus memiliki ide-ide baru atau kreatifitas baru. Kreatifitas inilah yang akan membawa wirausahawan untuk berinovasi untuk kemajuan usahanya.



Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel