KISI-KISI PRETEST UKG SLB-PLB Tunadaksa 2017 - foldersoal.com


No
deskripsi kompetensi inti
deskripsi guru mapel / keahlian
deskripsi indikator
Jenis
1
Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Mengidentifikasi karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental, intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang
Menentukan prosedur identifikasi anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
2
Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Melakukan identifikasi dan asesmen potensi peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar
Melakukan identifikasi potensi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
3
Menguasai karakteristik peserta didikdari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Melakukan identifikasi dan asesmen kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi
Melakukan identifikasi kemampuan awal anak anak berkebutuhan khusus
pedagogik
4
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
Menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran bagi anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
5
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
Menyusun program pembelajaran PAIKEM bagi anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
6
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis
Mempraktikkan pembelajaran tematis.
pedagogik
7
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Mendeskripsikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum bagi anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
8
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Menentukan tujuan mata pelajaran program kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa
Menentukan langkah-langkah prumusan program pengembangan diri.
pedagogik
9
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar luar biasa
Menetapkan pengalaman belajar bagi anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
10
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Mengidentifikasi materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
11
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
pedagogik
12
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Menyusun materi ajar yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
13
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Menetapkan program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
pedagogik
14
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
Menyusun program pengembangan diri yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
15
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
pedagogik
16
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Menetapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
pedagogik
17
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Memilih dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
pedagogik
18
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar
Melakukan kegiatan inti pembelajaran
pedagogik
19
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar
Melakukan evaluasi pembelajaran
pedagogik
20
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
Mampu menerapkan/ melaksanakan model pembelajaran individual di kelas yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB
pedagogik
21
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
Mampu melaksanakan/ menerapkan prinsip pembelajaran yang mendidik di lapangan yang sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
pedagogik
22
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menggunakan prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
Mampu menggunakan instrumen penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian
pedagogik
23
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Mampu melakukan penilaian dengan langkah dan prosedur yang benar
pedagogik
24
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Mampu mengevaluasi ketercapaian target mutu yang telah ditetapkan dalam KTSP.
pedagogik
25
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan konsep dasar gerak
profesional
26
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menguraikan jenis gerak manusia
profesional
27
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan tujuan bina gerak
profesional
28
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menguraikan ruang lingkup bina gerak
profesional
29
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan asesmen gerak
profesional
30
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan ruang lingkup asesmen gerak
profesional
31
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menguraikan prosedur asesmen gerak
profesional
32
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan cara melaksanakan asesmen gerak
profesional
33
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menguraikan dampak dari hambatan anak dengan gangguan fisik dan motorik
profesional
34
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dasar anak.
Menjelaskan proses terjadinya gerak
profesional
35
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan prinsip pembelajaran bina gerak
profesional
36
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan teknik pembelajaran bina gerak
profesional
37
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan prosedur pembelajaran bina gerak
profesional
38
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mempraktekkan teknik permainan gerak pada anak tunadaksa
profesional
39
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan teknik latihan fisik dalam pembelajaran bina gerak pada anak tunadaksa
profesional
40
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mempraktekkan pembelajaran gerak pindah diri
profesional
41
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik kasar
profesional
42
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mempraktekkan pembelajaran gerak koordinasi motorik halus
profesional
43
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan evaluasi pembelajaran bina gerak
profesional
44
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mengidenifikasi jenis permainan yang dapat diterapkan dalam program bina gerak
profesional
45
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menyebutkan permainan gerak bagi pengembangan motorik
profesional
46
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Mengidentifikasi materi bina diri gerak
profesional
47
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran bina gerak
Menjelaskan fungsi pengembangan bina diri gerak
profesional
48
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan pengembangan gerak anggota tubuh
profesional
49
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan langkah-langkah gerak pernafasan
profesional
50
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan langkah-langkah gerak pindah diri
profesional
51
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan tentang pengembangan gerak koordinasi
profesional
52
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjelaskan berbagai macam alat bantu gerak
profesional
53
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjabarkan keterampilan menolong diri
profesional
54
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjabarkan keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi langsung
profesional
55
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Mempraktekkan program bina diri gerak
profesional
56
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan keterampilan bersosialiasi langsung dan tidak langsung
profesional
57
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menguraikan keterampilan menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancam dirinya
profesional
58
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjelaskan sarana prasarana bina diri gerak
profesional
59
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjelaskan keterampilan gerak keseimbangan tubuh
profesional
60
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjelaskan rambu-rambu pelaksanaan bia diri gerak
profesional
61
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran bina diri gerak
profesional
62
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana.
Menjelaskan pengertian keterampilan vokasional sederhana bagi anak tunadaksa
profesional
63
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana.
Mengembangkan model-model pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa
profesional
64
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus.
profesional
65
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
Menggunakan teknik pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak tunadaksa
profesional
66
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.
Menentukan jenis evaluasi yang cocok dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
profesional
67
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan
Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam pembelajaran pengembangan diri
profesional
68
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni dengan belajar dari berbagai sumber
Mampu memilih berbagai sumber yang berkaiatan dengan pengembangan ilmu
profesional
69
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
Menggunakan prosedur pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus.
profesional
70
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.
Menentukan strategi pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
profesional
71
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
Menguasai konsep keterampilan vokasional sederhana.
Menyusun program pembelajaran vokasional bagi anak tunadaksa
profesional
72
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus
Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja diri sendiri
profesional
73
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan
Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan
profesional
74
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan
Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka meningkatkan keprofesionalan
profesional
75
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan
Mampu menyusun proposal PTK dalam pembelajaran pengembangan diri
profesional
76
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi
Memanfaatkan media interaktif dalam berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi)
profesional
77
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi
Mampu mengoperasikan operating system (OS) pada PC.
profesional

DOWNLOAD
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel