Tokoh-Tokoh Penemu Cikal Bakal Teknologi - foldersoal.com

1. Leonardo da Vinci (1452 – 1519)

Da Vinci adalah pelukis Italia yang melukis Monalisa dan makan malam terakhir. Ia adalah orang pertama di dunia yang dapat menggambar dengan tepat struktur tubuh manusia. Jantung manusia. Da Vinci adalah manusia serba guna. Selain pelukis caliber internasional, ia juga tokoh renaissance, pemahat, arsitek, penyair, musikus, filsuf dan ilmuan. Pada umur 30 tahun ia bekerja pada Sforza kepala daerah Milan. Ia ikut Sforza selama 17 tahun. Sebagai pelukis, insinyur, dan penasihat militer. Pada umur 54 tahun ia bekerja pada Louis XII, Raja Prancis. Leonardo da Vinci (lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai genius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan kuliner.

2. Thomas Alfa Edison (1847 – 1931)

Edison adalah penemu terbesar di dunia. Ia menemukan 3000 penemuan, antara lain: Laboratorium riset untuk industry, stasiun tenaga listrik, lampu listrik, fonograf, kinetograf, kinetoskop, mikrofon, pengeras suara, dan lain sebagainya. Edison lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat, pada tanggal 11 Pebruari 1947 dan meninggal di West Orange, New York. Pada tanggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun. Pada tahun 1870, ia menemukan mesin telegraf. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan fonograf. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudian ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan.

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain: mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

3. Benyamin Franklin (1706 – 1790)

Benjamin Franklin (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun) adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah warga Negara Amerika Serikat, diplomat, politikus, negarawan, pengarang, pencetak, penerbit, ilmuan dan penemu. Ia menemukan listrik, penangkal petir, harmonica dan kacamata bifocal, perapian atau pemanas ruangan.

Franklin adalah ahli listrik terbesar sebelum Edison, dan negarawan terbesar di Amerika Serikat.  Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus. Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

4. Charles Goodyear (1800 – 1860)

Charles Goodyear (lahir di New Haven, 29 Desember 1800 – meninggal di New York, 1 Juli 1860 pada umur 59 tahun). Goodyear adalah warga Negara Amerika Serikat penemu Fulkanisasi, yaitu suatu proses kimia untuk memperbaiki mutu karet dengan jalan mencampur dengan belerang dan memanasnya. Buku itu terdiri dari dua jilid dengan judul kekenyalan karet dan Variasinya ( 1853 – 1855 ). Ia lahir di New Have, Conecticut, Amerika Serikat pada tanggal 29 Desember 1800 dan meninggal di New York City pada tanggal 1 Juli 1860 pada umur 60 tahun. Dalam keadaan miskin sekali.

5. Johannes Hans Daniel Jensen (1907 )

Jensen adalah ahli fisika dari jerman, penemu teori struktur kulit inti atom, pemenang hadiah nobel, guru besar, dan pengarang. Ia lahir di Hamburgh pada tahun 1907. Jensen belajar fisika, matematika, kimia fisik, dan filsafat di Albert-Ludwigs-Universität Freiburg dan Universitas Hamburg 1926-1931, dan ia menerima gelar doktor kedua pada tahun 1932 atas bimbingan Wilhelm Lenz. Jensen menyelesaikan rabilitasinya pada tahun 1936 di University of Hamburg.


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel