Cara daftar Pretest PPG tahap 2 tahun 2018 di SIM PKB - foldersoal.com

Cara daftar PPG 2018 di SIM PKB - Dirjen Guru serta Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud juga akan melakukan program pendataan calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam jabatan pada service SIM PKB step 2 pada th. 2018 yang pada th. terlebih dulu telah dikerjakan pada step 1. Hal semacam ini buka peluang kembali untuk Bapak/Ibu pada th. 2017 tempo hari belum juga terdata jadi calon peserta PPG.

Hal itu berdasar pada surat edaran nomor No 4184/B4/GT/2018 tertanggal 15 Februari 2018 mengenai pendataan calon peserta Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan yang juga akan dikerjakan mulai tanggal 17 Februari s/d 02 Maret 2018.

Untuk lebih detilnya silakan unduh surat edaran nomor No 4184/B4/GT/2018 mengenai pendataan calon peserta Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan step 2 berikut ini.


PPG (Pendidikan Profesi Guru) Pada Service SIM PKB ini adalah tindak lanjut dari Ketentuan Menteri Nomor 19 th. 2017 yang menyebutkan kalau Guru yang diangkat s/d akhir th. 2015 serta sudan mempunyai kwalifikasi pendidikan sarjana (S1/DIV) tetapi belum juga mempunyai sertifikat pendidik bisa peroleh sertifikat pendidik dengan ikuti aktivitas Calon Peserta Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru).

Guru yang bisa ikuti program pendaftaran Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru) di SIM PKB dengan kriteria seperti berikut :
Guru yang belum juga mempunyai sertifikat pendidik (belum juga sertifikasi).
Guru berstatus jadi Guru PNS, Guru CPNS, Guru honorer daerah/GTY.
Tanggal Mulai Pekerjaan (TMT)/pengangkatan jadi guru maksimum diangkat s/d akhir th. 2015.
Guru yang mempunyai kwalifikasi akademik Sarjana (S1/DIV).
Peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) berumur maksimum 58 th. pada th. 2018.
Guru yang tercatat di aplikasi Dapodik serta SIM PKB guru pembelajar.
Mempunyai NUPTK (Untuk peserta yang belum juga memiliki NUPTK bisa memenuhinya sesudah lulus pretes PPG).
Masih tetap aktif mengajar pada unit pendidikan pada 5 th. paling akhir terhitung mulai th. 2014 hingga th. 2018 di tunjukkan dengan SK pembagian pekerjaan dari Kepala sekolah.
Sehat jasmani serta rohani
Bebas NAPZA
Berkepribadian Baik

Langkah Daftar Pretest PPG tahap 2 2018 di SIM PKB
Untuk mendaftara PPG dalam jabatan step dua th. 2018 terdapat banyak bagian yang perlu dikerjakan, di bawah ini beberapa langkah langkah daftar PPG 2018 di SIM PKB.
1. Login SIM PKB
Silakan Bapak/Ibu login pada situs SIM PKB di https :// app. simpkb. id /. Masukan ussername serta password, jika lupa password silakan hubungi ketua komune MGMP Bapak/Ibu.

2. Check Status Peserta
Jika dalam aplikasi SIM PKB ada menu kotak dialog undangan jadi peserta diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru) berarti Bapak/Ibu termasuk juga jadi calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) serta bisa lakukan pendaftaran Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru). Saksikan pada gambar berikut ini.

3. Daftar Jadi Peserta Pretest PPG tahap 2
Untuk mendaftar jadi peserta diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru), silakan Bapak/Ibu tentukan tombol Mendaftar Saat ini. Setelah itu Bapak/Ibu kompliti data saran diklat PPG (Pendidikan Profesi Guru) pada halaman formulir pendaftaran.

Daftar isian yang perlu diperlengkapi salah satunya seperti berikut :
Tahap Mapel PPG, isikan tahap mata pelajaran sesuai sama tahap mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Contoh : Bhs Indonesia.
Bagian Studi PPG, isikan bagian studi sesuai sama bagian studi Bapak/Ibu.
Kwalifikasi Pendidikan, isikan kwalifikasi pendidikan Baspak/Ibu, contoh : S1 PGSD.
Th. tamat Ijazah Sarjana (S1), isakan th. tamat ijazah Bapak/Ibu, contoh : 2010.
Type Studi pendidikan, contoh : Pendikan Guru Sekolah Dasar.
Jurusan atau Program Studi, contoh : Pendidikan Ekonomi.
Fakultas, contoh : Fakultas Keguruan serta Pengetahuan Pendidikan.
Nama Komplit Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah, contoh : Kampus Muhammadiyah Metro.
Janganlah lupa untuk mengunggah File Ijazah, pakai ijazah asli lalu discan dengan ukuran maksimum 1 MB dengan format PNG/JPG/JPEG. Bila formulir telah usai di isi dengan komplit silakan Bapak/Ibu meneruskan pendaftaran peserta Pretest PPG tahap 2 lewat cara tentukan tombol Lanjut.

4. Check Kesesuain Data Diri
Ketika Bapak/Ibu lakukan pengisian formulir pada pendaftaran jadi peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) berharap untuk meyakinkan kalau data yang Bapak/Ibu isi sesuai sama Ijazah, jika telah sesuai sama tentukan pada menu DAFTARKAN. Saksikan pada gambar berikut ini.
Langkah Pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru) di SIM PKB
Check Kesesuan Data Diri

5. Bikin Bukti Pendaftaran
Setelah itu silahkan tentukan menu CETAK BUKTI AJUAN untuk cetak surat ajuan pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru), Bila telah cetak surat ajuan calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru), serahkan surat ajuan pendaftaran Pretest PPG tahap 2 itu pada Instansi Penjamin Kualitas Pendidikan ke Provinsi setempat untuk dikerjakan verifikasi data.

6. Verifikasi Data Oleh LPMP
Sesudah sistem pendaftaran usai setelah itu LPMP lakukan verifikasi linieritas atau keselarasan pada program studi PPG yang di tentukan oleh peserta dengan program studi yang ada pada ijazah Sarjana S-1/D-4. Serta hasil verifikasi linieritas itu seperti berikut. Di terima, bila program studi PPG linier atau sesuai sama program studi di ijazah S-1 atau D-IV serta tidak diterima, bila tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV. Untuk guru yang sukses lolos verifikasi serta validasi memiliki hak ikuti pretes PPG.

7. Awasi Sistem Verifikasi
Sesudah Bapak/Ibu lakukan pendaftaran serta mengajukan ke LPMP jangn lupa untuk memonitor perubahan ajuan calon peserta Pretest PPG tahap 2 (Pendidikan Profesi Guru) dengan berkala pada situs SIM PKB.

8. Mengajukan Ulang
Mengajukan ulang untuk pendaftaran PPG ada pada menu penolakan yang dibarengi dengan argumen penolakan pada pendaftaran PPG, jika ada kekeliruan bisa diperbaiki kembali lewat cara pilih Batalkan Ajuan. Sistem setelah itu perbaiki kekeliruan serta kerjakan pendaftaran kembali sepertai pada langkah pendaftaran Pretest PPG tahap 2 diatas.

Dalam program Pendidikan Profesi Guru ada keselarasan pada kwalifikasi akademik dengan program studi PPG dalam jabatan, yakni berbentuk daftar linieritas. Karenanya supaya Bapak/Ibu mengetahuai keselarasan hal itu silakan unduh daftarnya berikut ini.

Unduh Daftar Linieritas Kwalifikasi Akademik Dengan Program Studi PPG 2018

Sekian info yang bisa saya berikan tentang langkah daftar Pretest PPG tahap 2 2018 (Pendidiikan Profesi Guru step 2) di SIM PKB. Mudah-mudahan berguna.
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel