Pengertian Metode Berguru Dan Jenis-Jenisnya - foldersoal.com
Sunday, 29 November 2015
Edit
Pengertian Metode Belajar dan Jenis-Jenisnya_Guru sanggup mencapai keberhasilan dalam peroses berguru mengajar di kelas dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Oleh alasannya yakni tidak semua metode pembelajaran cocok bagi semua penerima didik, guru sebaiknya bijaksana dalam menentukan metode berguru yang tepat.
Berdasarkan pendapat para ahli, kata “metode” berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata meta yang mempunyai arti “melalui” dan hodos yang mempunyai arti “jalan”, metode bermakna “jalan yang dilalui”. Kata metode dalam bahasa Arab diungkapkan dalam bermacam-macam kata yaitu al-tariqah, al-wasilah, manhaj dan al-tariqah yang berarti jalan, perantara atau mediator.
Dengan demikian metode mempunyai makna yaitu cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan. Metode juga sanggup dipahami sebagai sebuah media untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi pengembangan sebuah disiplin ilmu.
Pengertian metode berguru dipahami sebagai sebuah cara untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa pengertian metode berguru yakni alat untuk berbagi dan mengolah suatu gagasan sehingga menghasilkan temuan atau teori
Jenis-Jenis Metode Belajar
Untuk lebih memahami pengertian metode berguru berikut ini kami sajikan beberapa jenis metode belajar:
A. Metode Belajar SQ3R
Metode berguru SQ3R ditemukan oleh seorang ilmuwan pendidikan dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat berjulukan Francis R. Metode ini sanggup diaplikasikan pada bermacam-macam pendekatan berguru dan bersifat praktis.
Metode berguru SQ3R terdiri dari beberapa tahap diantaranya:
1. Survey
Tahap ini dipahami sebagai peroses meneliti, menyelidiki atau mengidentifikasi keseluruhan teks.
2. Question
Tahap question merupakan proses penyusunan daftar pernyataan yang relevan dengan keseluruhan teks.
3. Read
Tahap read dimaknai sebagai proses secara aktif melaksanakan pembacaan teks untuk memperoleh balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
4. Recite
Tahap ini ditandai dengan proses menghafal setiap balasan yang telah berhasil ditemukan.
5. Review
Review merupakan proses melaksanakan peninjuan ulang keseluruhan balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun pada langkah kedua maupun ketiga.
B. Metode Belajar PQ4R
Metode berguru PQ4R merupakan sebuah seni administrasi pembelajaran yang berperan dalam meningkatkan kinerja memori otak untuk lebih memahami substansi teks.
Metode ini diciptakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972 di Amerika Serikat.
PQ4R yakni abreviasi dari Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review. Teknik PQ4R pada hakikatnya yakni pemicu munculnya tanya-jawab yang sanggup mendorong para pembaca teks untuk berupaya melaksanakan pengolahan bahan secara lebih detail dan mendalam.
Teknik PQ4R terdiri dari tahap-tahap berikut ini:
1. Preview
Tahap ini siswa didorong untuk memahami bahan dengan membaca secara selintas cepat untuk membuka wawasan siswa wacana bahan yang akan diajarkan.
2. Question
Tahap ini siswa diajak untuk menggali isu wacana bahan yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
3. Read
Tahap ini ditandai dengan reaksi siswa terhadap bahan yang telah dibaca sehingga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
4. Reflect
Pada tahap ini siswa diajak untuk memahami informasi-informasi dari bahan yang telah dibaca tersebut.
5. Recite
Pada tahap ke lima ini, siswa didorong untuk mengingat kembali isu dari bahan yang telah dipelajari kemudian menyaring hal-hal penting yang ada dalam bahan tersebut.
6. Review
Pada tahap terakhir siswa diajak untuk menciptakan catatan singkat berupa intisari dari keseluruhan bahan yang telah dibaca.
Dari ulasan tentang pengertian metode berguru dan jenis-jenisnya di atas sanggup disimpulkan bahwa metode berguru merupakan alat untuk berbagi dan mengolah sebuah gagasan mengenai ilmu pengetahuan sehingga bisa menghasilkan sebuah teori atau temuan.
Demikian wacana pengertian dan jenis metode belajar. Semoga bermanfaat Berbagai Sumber
Berdasarkan pendapat para ahli, kata “metode” berasal dari bahasa Jerman yang terdiri dari kata meta yang mempunyai arti “melalui” dan hodos yang mempunyai arti “jalan”, metode bermakna “jalan yang dilalui”. Kata metode dalam bahasa Arab diungkapkan dalam bermacam-macam kata yaitu al-tariqah, al-wasilah, manhaj dan al-tariqah yang berarti jalan, perantara atau mediator.
Dengan demikian metode mempunyai makna yaitu cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan. Metode juga sanggup dipahami sebagai sebuah media untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi pengembangan sebuah disiplin ilmu.
Pengertian metode berguru dipahami sebagai sebuah cara untuk menguji, menemukan dan menyusun data yang diharapkan bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Dari pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa pengertian metode berguru yakni alat untuk berbagi dan mengolah suatu gagasan sehingga menghasilkan temuan atau teori
Jenis-Jenis Metode Belajar
Untuk lebih memahami pengertian metode berguru berikut ini kami sajikan beberapa jenis metode belajar:
A. Metode Belajar SQ3R
Metode berguru SQ3R ditemukan oleh seorang ilmuwan pendidikan dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat berjulukan Francis R. Metode ini sanggup diaplikasikan pada bermacam-macam pendekatan berguru dan bersifat praktis.
Metode berguru SQ3R terdiri dari beberapa tahap diantaranya:
1. Survey
Tahap ini dipahami sebagai peroses meneliti, menyelidiki atau mengidentifikasi keseluruhan teks.
2. Question
Tahap question merupakan proses penyusunan daftar pernyataan yang relevan dengan keseluruhan teks.
3. Read
Tahap read dimaknai sebagai proses secara aktif melaksanakan pembacaan teks untuk memperoleh balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun.
4. Recite
Tahap ini ditandai dengan proses menghafal setiap balasan yang telah berhasil ditemukan.
5. Review
Review merupakan proses melaksanakan peninjuan ulang keseluruhan balasan atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun pada langkah kedua maupun ketiga.
B. Metode Belajar PQ4R
Metode berguru PQ4R merupakan sebuah seni administrasi pembelajaran yang berperan dalam meningkatkan kinerja memori otak untuk lebih memahami substansi teks.
Metode ini diciptakan oleh Thomas dan Robinson pada tahun 1972 di Amerika Serikat.
PQ4R yakni abreviasi dari Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review. Teknik PQ4R pada hakikatnya yakni pemicu munculnya tanya-jawab yang sanggup mendorong para pembaca teks untuk berupaya melaksanakan pengolahan bahan secara lebih detail dan mendalam.
Teknik PQ4R terdiri dari tahap-tahap berikut ini:
1. Preview
Tahap ini siswa didorong untuk memahami bahan dengan membaca secara selintas cepat untuk membuka wawasan siswa wacana bahan yang akan diajarkan.
2. Question
Tahap ini siswa diajak untuk menggali isu wacana bahan yang dibaca dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
3. Read
Tahap ini ditandai dengan reaksi siswa terhadap bahan yang telah dibaca sehingga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
4. Reflect
Pada tahap ini siswa diajak untuk memahami informasi-informasi dari bahan yang telah dibaca tersebut.
5. Recite
Pada tahap ke lima ini, siswa didorong untuk mengingat kembali isu dari bahan yang telah dipelajari kemudian menyaring hal-hal penting yang ada dalam bahan tersebut.
6. Review
Pada tahap terakhir siswa diajak untuk menciptakan catatan singkat berupa intisari dari keseluruhan bahan yang telah dibaca.
Dari ulasan tentang pengertian metode berguru dan jenis-jenisnya di atas sanggup disimpulkan bahwa metode berguru merupakan alat untuk berbagi dan mengolah sebuah gagasan mengenai ilmu pengetahuan sehingga bisa menghasilkan sebuah teori atau temuan.
Demikian wacana pengertian dan jenis metode belajar. Semoga bermanfaat Berbagai Sumber