Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK

Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK. Diterbitkan oleh Balitbang Kemdikbud. Download file format PDF.

 Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK
Panduan Penulisan Soal SD MI

 Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK
Panduan Penulisan Soal SMP MTs

 Berikut ini adalah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK
Panduan Penulisan Soal SMA MA SMK

Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas buku Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK:

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.

Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.

    Download Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:







    Download File:

    Pedoman Penulisan Soal SD MI.pdf
    Pedoman Penulisan Soal SMP MTs.pdf
    Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Penulisan Soal SD MI SMP MTs SMA MA SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    Berbagai Sumber

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel