Contoh Proposal PTK Mengenai Perkembangan Kognitif Anak di PAUD

Contoh Proposal PTK Mengenai Perkembangan Kognitif Anak di PAUD Contoh Proposal PTK Mengenai Perkembangan Kognitif Anak di PAUD


Melakukan penelitian tindakan kelas terhadap perkembangan pengetahuan atau kognitif anak di PAUD sama pentingnya seperti meneliti kognitif anak pada jenjang pendidikan di atasnya. Dengan melakukan penelitian tersebut, guru dapat mengetahui sejauh mana perkembangan yang di alami peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Dan bilamana diketahui terdapat kesenjangan antara metode pengelolaan kelas yang diterapkan dengan hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik, maka seorang guru dapat melakukan tindakan kuratif untuk memperbaikinya.


Mengingat pentingnya melaksanakan penelitian tindakan kelas, mau atau pun tidak, guru harus melaksanakan serangkaian pengamatan di kelas terhadap anak-anak (dalam hal ini anak PAUD) yang dibimbingnya. Sebelum bisa melaksanakan hal ini, tentunya seorang guru mesti membuat proposal penelitian tindakan kelas (PTK) yang nantinya menjadi landasan bagi guru dalam menentukan langkah-langkah penelitiannya.

Bagi guru PAUD yang belum pernah melakukan penelitian terhadap perkembangan kognitif anak, maka dalam posting ini foldersoal menge-share contoh proposalnya.

Contoh ini diharapkan dapat membimbing guru PAUD dalam menyusun proposal yang dimaksud, sehingga penelitian yang dilakukan nanti bisa berlangsung dengan lancar.

Contoh proposalnya kami bagikan dalam bentuk file (.doc). Dari file tersebut Ibu guru bisa belajar memahami bagaimana format proposal yang baik untuk mengajukan penelitian tindakan kelas, dari awal penyusunan latar belakang sampai dengan penutupnya.

Dengan memahami seperti apa formatnya, Ibu juga dapat menyusun proposal yang sistematis sesuai dengan kaidah penyusunan proposal yang benar, sehingga ketika proposalnya sudah jadi, maka kedepannya kita akan mudah dalam membuatnya tanpa melihat contoh sekalipun.

Ibu guru atau calon guru (mahasiswa pendidikan PAUD) yang membutuhkannya, silahkan mendownload file doc-nya pada tautan berikut:
Semoga contoh yang dibagikan ini bisa memberikan inspirasi dan "titik terang" dalam kegiatan Ibu dalam menyusun proposal PTK yang akan dibuat, sehingga saat proses pembuatannya tidak menemukan kesulitan.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel