Membuka Kunci Perbaikan Diri

“Setiap perubahan, meskipun untuk menuju hal yang lebih baik, selalu diiringi oleh keberatan dan kegelisahan.” Arnold Bennett (1867-1931), pujangga dan novelis asal Inggris


Pengalaman pahit menjadi cuilan yang tak sanggup terpisahkan dalam kehidupan kita, contohnya tidak dihargai, dilecehkan, difitnah, disakiti, gagal, dan lain sebagainya. Namun pengalaman terpahit sekalipun sanggup menjadi titik tolak mencapai puncak kejayaan dan kebahagiaan kalau kita mempunyai kekuatan memperbaiki diri terus menerus. Alangkah besar laba yang sanggup kita peroleh kalau kita bisa membuka kunci kekuatan tersebut.

Salah satu manfaat kalau kita selalu memperbaiki diri yaitu bisa mengantisipasi kejadian jelek menimpa kita. Bukankah lebih menguntungkan seandainya kita terus mencoba mengurangi kebiasaan makan berlebih sebelum obesitas, berhenti merokok sebelum terjangkit sakit stroke, atau kebiasaan jelek lainnya sebelum sakit, dibenci orang dan bangkrut? Dengan terus memperbaiki diri, keadaan kita sudah siap atau bahkan lebih baik, ketika muncul sinyal segala sesuatu menjadi sulit.

Kekuatan memperbaiki diri akan membantu kita beradaptasi dengan perubahan terkecil sekalipun, sehingga tidak hingga terjerembab dalam kesulitan yang lebih besar. Ibaratnya, seekor katak mungkin eksklusif melompat keluar kalau dimasukkan kedalam air panas. Tetapi mungkin ia akan terjebak dalam tungku air dan mati terbunuh kalau perubahan suhu dalam air naik perlahan hingga di titik didih. Artinya, kita tidak akan tergilas oleh perubahan yang terus berlangsung kalau kita terus memperbaiki diri.

Memperbaiki diri akan memberi kita rasa percaya diri dan nyaman dengan keadaan diri sendiri. Mungkin bila kita melihat seorang pengusaha muda atau artis sukses berharap sanggup bertukar posisi dengannya. Padahal belum tentu mereka merasa nyaman dengan keadaan mereka sendiri. Artinya kita tidak akan menderita lantaran kekurangan zat dogma diri dan harapan, kalau mempunyai kekuatan atau perjuangan memperbaiki diri terus menerus.

Di dalam kehidupan ini kita akan terus mengalami naik dan turun. Namun setiap perubahan itu akan terasa menyakitkan kalau kita mengabaikan keharusan untuk terus berbenah. Walaupun kemampuan memperbaiki diri sulit dimiliki, tetapi beberapa tips berikut ini mungkin sanggup membantu kita membuka kunci kekuatan perbaikan diri.

Pertama yaitu milikilah impian dan kesepakatan untuk mencapainya, alasannya yaitu impian akan menjadi daya atau semangat juang Anda. Sehingga Anda tidak segan memperbaiki kemampuan dan pengetahuan untuk sanggup meraih impian tersebut. Hidup tanpa visi laksana berlayar tanpa tujuan, terasa hampa dan hidup ini sama sekali tak berkhasiat

Sementara itu Anda juga harus yakin pada visi Anda. Mengutip kata Pablo Picasso, seorang pelukis asal Spanyol, “Sesuatu yang sanggup kau bayangkan yaitu nyata.” Sehingga bila Anda yakin, maka Anda tidak gampang mengalah melaksanakan tindakan-tindakan positif biar visi Anda segera tercapai, misalnya; ingin langsing dengan rajin olah raga, ingin berilmu dengan rajin membaca, ingin lebih gemar memberi dan dicintai banyak orang dengan membantu lebih banyak sesama, ingin lebih sukses dengan berusaha lebih keras dan lain sebagainya.

Syarat lain untuk sanggup membuka kunci perbaikan diri yaitu kegigihan. Kaprikornus jangan gampang mengalah ketika menghadapi banyak tantangan atau selalu menghadapi kegagalan. Kegigihan akan mendorong Anda untuk memperbaiki diri terus menerus. Seiring dengan kualitas personal dan profesional Anda yang lebih baik, maka suatu ketika tujuan Anda niscaya tercapai.

Kunci kekuatan memperbaiki diri yaitu mengasihi diri sendiri, alasannya yaitu masing-masing diantara kita niscaya mempunyai kelebihan. Disamping itu masing-masing diantara kita juga mempunyai keunikan tersendiri, alasannya yaitu tidak seorangpun di dunia ini yang sama persis segala-galanya. Lupakanlah keinginan untuk menjadi orang lain, dengan meningkatkan kualitas, kemampuan, dan kebaikan. Dengan begitu, kekurangan kita tak akan lebih menonjol dibandingkan prestasi, kontribusi, dan kemampuan yang kita miliki.

Masih banyak lagi cara untuk membuka kunci kekuatan perbaikan diri. Namun yang terpenting yaitu motivasilah diri Anda untuk terus melaksanakan perbaikan, alasannya yaitu perubahan besar akan selalu berawal dari dalam diri sendiri. Ketika Anda sudah menikmati setiap proses memperbaiki diri, berarti Anda juga telah mempunyai kemampuan mengakibatkan segala sesuatu indah, membanggakan, dan membahagiakan.

by: Andrew Ho

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel