KISI-KISI PRETEST UKG-SD-Seni Budaya 2017 - foldersoal.com


No
deskripsi kompetensi inti
deskripsi guru mapel / keahlian
deskripsi indikator
Jenis
1
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengidentifikasi unsur rupa
profesional
2
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
profesional
3
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
profesional
4
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menggunting/menyobek
profesional
5
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
profesional
6
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan karya seni rupa dua dimensi dengan teknik cetak tunggal
profesional
7
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
profesional
8
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
profesional
9
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan sikap apresiatif terhadap karya rupa
profesional
10
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
profesional
11
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
profesional
12
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
profesional
13
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
profesional
14
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif
profesional
15
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menerapkan hiasan/warna pada benda tiga dimensi
profesional
16
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menguasai struktur gerak tari berdasarkan elemen-lemen gerak anggota tubuh
profesional
17
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menguasai stuktur gerak tari berdasarkan tari daerah setempat
profesional
18
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan konsep tari sesuia dengan rangsang bunyi
profesional
19
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menjabarkan konsep tari sesui dengan tema tari
profesional
20
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis tempo,tell/ ketukan pada lagu
profesional
21
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menemukan ketukan kuat pada lagu
profesional
22
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Membandingkan ketukan kuat dan ketukan lemah pada lagu
profesional
23
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis birama lagu
profesional
24
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Membandingkan karakter birama 2/4, 3/4 dan 4/4 dalam lagu
profesional
25
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis bentuk, nilai not, nilai tanda diam dan fungsi atribut dalam notasi musik
profesional
26
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisa tangganada dan wilayah nada
profesional
27
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis penulisan notasi musik dalam not angka
profesional
28
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis penulisan notasi musik dalam not balok.
profesional
29
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis tinggi rendah nada.
profesional
30
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis pembacaan notasi musik baik notasi angka maupun notasi balok
profesional
31
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menganalisis jenis-jenis irama lagu
profesional
32
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan bahan alami di lingkungan sekitar untuk pembuatan produk pada pembelajaran keterampilan
profesional
33
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan bahan sintetis untuk pembuatan produk pada pembelajaran keterampilan
profesional
34
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan bahan keras untuk pembuatan produk kerajinan
profesional
35
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan alat yang digunakan dalam pembuatan produk ketrampilan
profesional
36
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Menentukan teknik pengolahan limbah anorganik untuk pembuatan kerajinan.
profesional
37
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengidentifikasi teknik pembuatan warna dari bahan alam
profesional
38
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengidentifikasi jenis-jenis zat warna sintetis
profesional
39
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat
profesional
40
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara
profesional
41
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Melakukan eksplorasi gerak tari sesuai dengan tema
profesional
42
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menyusun gerak tari berdasarkan tari daerah
profesional
43
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Membuat pola lantai gerak tari daerah
profesional
44
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Memperagakan gerak tari sesuai dengan level
profesional
45
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Melakukan gerak tari sesui dengan gerak tari daerah
profesional
46
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mengidentifikasi tari dalam menggunakan busana dalam tari daerah
profesional
47
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
mengidentifikasi tari daerah dalam menggunakan property
profesional
48
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
memperagakan tari daerah dengan menggunakan iringan
profesional
49
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mengidentifikasi tari daerah dalam menggunakan tata pannggung
profesional
50
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mengidentifikasi cerita dalam penyusunan karya tari
profesional
51
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan struktur pembelajaran Seni Tari
profesional
52
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menentukan konsep garapan tari sesuai dengan tema
profesional
53
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menganalisis pola pikir tari berdasarkan level dan pola lantai
profesional
54
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menentukan tempo,tell/ ketukan pada lagu
profesional
55
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mendeteksi birama lagu
profesional
56
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Melatih pembacaan notasi musik baik notasi angka maupun notasi balok
profesional
57
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Membedakan jenis-jenis irama lagu
profesional
58
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menganalisis ansamble ritmis sederhana
profesional
59
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Memilih bahan alami di lingkungan sekitar untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda pakai
profesional
60
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan bahan lunak untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda hias dan benda pakai
profesional
61
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan limbah anorganik yang ada di lingkungan sekitar untuk pembuatan benda kerajinan yang digerakkan angin
profesional
62
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Memilih bahan sintetis untuk pembuatan produk kerajinan sebagai benda pakai
profesional
63
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapakan bahan tali untuk pembuatan produk kerajinan dengan teknik makrame
profesional
64
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menghias kain dengan teknik ikat
profesional
65
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Memilih bahan pewarna alam untuk pewarnaan kain
profesional
66
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan teknik pembuatan batik tulis
profesional
67
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Mencampur zat warna napthol sesuai prosedur
profesional
68
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Menerapkan teknik pewarnaan batik dengan zat warna napthol
profesional
69
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmu- ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
Memproses penghilangan lilin secara keseluruhan dengan cara direbus/lorod
profesional
70
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
pedagogik
71
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Membedakan berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirinya
pedagogik
72
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu
Mengidentifikasi bakat peserta didik
pedagogik
73
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu
Mengidentifikasi keterampilan sosial peserta didik
pedagogik
74
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu
Menganalisis kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah.
pedagogik
75
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual
Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam mata pelajaran yang diampu
Mengidentifikasi Faktor psikologis seseorang dapat memengaruhi proses belajar.
pedagogik
76
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu
Menentukan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran di SD/MI
pedagogik
77
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu
Mendeskripsikan pendekatan dan strategi pembelajaran dalam mata pelajaran seni budaya
pedagogik
78
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu
Merancang kegiatan pembelajaran sesuai karakteristik mata pelajaran
pedagogik
79
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu
Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar
pedagogik
80
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
Memilih materi tujuan pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran..
Menentukan materi pembelajaran yang esensial sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan
pedagogik
81
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
pedagogik
82
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan
Melaksanakan pembelajaran pembelajaran yang mendidik di kelas, laboratorium, maupun lapangan sesuai rambu-rambu kurikulum yang berlaku
pedagogik
83
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran seni budaya SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
pedagogik
84
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu
Mengidentifikasi jenis-jenis media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
pedagogik
85
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek pengetahuan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
pedagogik
86
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan kemampuan aspek keterampilan untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
pedagogik
87
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi minat untuk mencapai prestasi belajar optimal peserta didik
pedagogik
88
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, untuk ambil bagian dal
Memberikan tanggapan terhadap respon peserta didik dalam interaksi pembelajaran dengan bahasa yang khas secara efektif, empati, dan santun
pedagogik
89
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan mata pelajaran seni budaya SD/MI.
pedagogik
90
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Menentukan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar
pedagogik
91
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Memvalidasi instrumen yang akan digunakan
pedagogik
92
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Menentukan teknik evaluasi proses dan hasil belajar
pedagogik
93
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Menerapkan teknik evaluasi proses dan hasil belajar
pedagogik
94
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan bela- jar
Mengkonstruksikan hasil penilaian dan evaluasi dengan KKM yang sudah ditentukan
pedagogik
95
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
Merancang program remedial dengan menggunakan hasil penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
pedagogik
96
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
pedagogik
97
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Mengidentifikasi permasalahan Pembelajaran di kelas terkait mata pelajaran seni budaya SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK.
pedagogik
98
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Merumuskan masalah di kelas terkait mata pelajaran seni budaya SD/MI yang dapat dipecahkan dengan PTK
pedagogik
99
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan (mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni rupa, musik, tari, teater) dan keterampilan.
Mengapresiasi karya seni rupa
profesional
100
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu
Memilih pengalaman belajar yang sesuai dengan mata pelajaran seni budaya
pedagogik

DOWNLOAD
Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel