Manfaat Penanganan Limbah Yang Baik - foldersoal.com

Limbah baik skala rumah tangga maupun skala industri pada dasarnya harus memperhatikan sifat dan wujud limbah yang diolah. Penanganan limbah yang baik akan membawa dampak yang baik pula pada tempat dan lingkungan limbah itu berada. Dipandang dari sudut sanitasi ada beberapa manfaat dari penanganan limbah yang baik, antara lain:

  1. Dapat menjamin tempat tinggal atau tempat bekerja yang bersih, Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah limbah. Namun, setiap jenis limbah membutuhkan cara yang berbeda. Limbah bisa dibedakan berdasarkan volume dan kandungannya. Layanan sanitasi adalah cara tepat untuk mengolah limbah dan menjaga kebersihan lingkungan. Setiap rumah harus memiliki sistem sanitasi yang baik untuk mengolah limbah. MCK harus disediakan dan mempunyai akses untuk air bersih. Penggunaan layananan persampahan juga diperlukan untuk mengolah limbah yang berasal dari rumah dan menampungnya di tempat lain yang telah disediakan. Sebelum diangkut, sampah harus dikumpulkan di tempat yang disediakan di setiap rumah. Petugas mengumpulkan sampah di kompleks tertentu dengan gerobak atau truk pengangkut sampah. Setelah itu, sampah bisa dibuang di tempat pembuangan akhir dan diolah. Drainase juga bisa menjadi langkah tempat untuk mengolah limbah, terutama limbah cair. Dengan pengolahan yang tepat untuk setiap jenis limbah, kebersihan lingkungan bisa terjamin.
  2. Mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, Cara pencegahan pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemar dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat. Di lingkungan yang terdekat, misalnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle). Di bidang industri misalnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai, mengurangi jumlah limbah, dan mengurangi keberadaan zat kimia, dan berangsur-angsur menggantinya dengan Green Chemistry. Green chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya. Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga, atau bahan bakar kendaraan  dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. 
  3. Mencegah berkembang biaknya hama penyakit dan bibit penyakit, Ditempuh dengan cara usaha kesehatan  perorangan dan usaha kesehatan lingkungan (sanitasi).  Banyak minum air putih,  Konsumsi menu bergizi dan seimbang.    

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel