Karakteristik Limbah - foldersoal.com

Pengolahan limbah sangat diperlukan agar dampak pencemaran lingkungan dapat diminimalkan. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengolah limbah adalah karakteristik limbah itu sendiri. Mengetahui karakteritik limbah adalah hal dasar yang harus diketahui dalam mengolah limbah agar dalam penanganan limbah itu dapat tepat. berikut ini adalah beberapa karakteristik limbah:

  1. Limbah berukuran mikro, adalah limbah yang berukuran sangat kecil terdiri dari partikel-partikel yang tidak dapat kita lihat. Karekteristik limbah berukuran mikro merupakan karakterisik pada besar kecilnya limbah/ volumenya. Contoh dari limbah yang berukuran mikro atau kecil atau bahkan tidak bias terlihat adalah limbah industri berupa bahan kimia yang tidak terpakai yang di buang tidak sesuai dengan prosedur pembuangan yang dianjurkan. 
  2. Limbah dinamis, adalah limbah yang tidak dapat diam di tempat, selalu bergerak dan berubah sesuai dengan kondisi lingkungan. Limbah dinamis adalah tentang cara pencemarannya yang tidak dalam waktu singkat menyebar dan mengakibatkan pencermaran. Biasanya limbah dalam menyerbar di perlukan waktu yang cukup lama dan tidak diketahui dengan hanya melihat saja. Hal ini dikarenakan ukuran limbah yang tidak dapat dilihat. 
  3. Limbah yang penyebarannya berdampak luas, adalah limbah yang dapat menyebar luas ke semua wilayah di lingkungan dan berdampak pada semua faktor. Luasnya dampak yang di timbulkan oleh limbah ini merupakan efek dari karakteristik limbah yang berukuran mikro yang tak dapat dilihat dengan mata tellanjang. Contoh dari besarnya dampak yang ditimbulkan yaitu adanya istilah “Minamata disease” atau keracunan raksa (Hg) di Jepang yang mengakibatkan nelayan-nelayan mengidap paralis (hilangnya kemampuan untuk bergerak karena kerusakan pada saraf). Kejadian ini terajadi di Teluk Minamata dan Sungai Jintsu karena pencemaran oleh raksa (Hg). 
  4. Berdasarkan jangka waktu yang panjang, yaitu limbah yang dapat mengeluarkan dampak yang panjang. Tidak hanya pada waktu itu, namun dampaknya juga kepada generasi yang akan datang. Dampak yang ditimbulkan limbah terutama limbah kimia biasanya tidak sekedar berdampak pada orang yang terkena tetapi dapat mengakibatkan turunannya mengalami hal serupa.

Dari karakteristik limbah di atas pencemaran limbah juga didukung oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pencemaran limbah terhadap lingkungan diantaranya :

1.Volume Limbah

Tentunya semakin banyak limbah yang dihasilkan oleh manusia dampak yang akan ditimbulkan semakin besar pula terasa.

2.Kandungan Bahan Pencemar

Kandunngan yang terdapat di limbah ini mengakibatkan pencemaran
lingkungan apabila kandunganya berbahaya dapat mengakibatkan pencemaran
yang fatal bahkan dapat membunuh manusia serta mahluk hidup sekitar.

3.Frekuensi Pembuangan Limbah

Pada saat sekarang ini pembuangan limbah semakin naik frekuensinya karena banyaknya industri yang berdiri. Dengan semakin banyak frekuensi limbah tentunya pembuangan limbah menjadi tidak terkandali dan usaha untuk mengolahnya tidak dapat maksimal. Pengolahan limbah yang masih jauh dari harapan kita semua.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel