Prinsip-Prinsip Pengolahan Limbah - foldersoal.com

Dalam pengelolaan limbah baik itu limbah industri maupun limbah rumah tangga hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan limbah. Agar pengelolaan itu dapat mencapai hasil sesuai yang diharapkan. Adapun beberapa prinsip yang digunakan dalam proses pengolahan limbah adalah sebagai berikut:

  1. Source Reduction (Pengurangan Sumber), Prinsip pengurangan sumber limbah sangat efektif untuk mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Contoh sederhana dari pengurangan limbah adalah pengurangan pemakaian kantong plastik, misalnya jika kita belanja sebaiknya membawa kantong atau keranjang sendiri sehingga penggunaan katong plastik dapat dikurangi. Limbah plastik termasuk limbah unorganik yang proses penguraiaanya membutuhkan waktu yang sangat lama.
  2. Reuse (Penggunaan kembali), Penggunaan kembali barang atau peralatan yang sudah dipakai namun masih dapat digunakan juga dapat mengurangi jumlah limbah.  Biasanya jika kita berbelanja di toko dan kita dapat kantong plastik, kantong plastik itu jangan di buang karena masih dapat kita gunakan lagi. Hal ini dapat mengurangi penambahan jumlah limbah.
  3. Recycling (Pemanfaatan kembali / mendaur ulang sampah sehingga dapat dimanfaatkan lagi),  Sampah sampah rumah tangga yang sudah tidak digunakan lagi dapat di daur ulang sehingga menjadi barang baru lagi. Misalnya sisa-sisa makanan atau potongan sayur dan dapat diolah menjadi pupuk kompos. Minyak bekas penggorengan yang seharusnya di buang dapat didaur ulang menjadi minyak baru dengan dengan diberi sari buah mengkudu. Harapannya jika setiap orang sadar dan memahami prinsip pengolahan sampah, jumlah sampah dapat dikurangi.
  4. Treatment (Pengolahan ) Pengolahan limbah biasanya menerapkan 3 tahapan proses yaitu pengolahan pendahuluan (pre-treatment), pengolahan utama (primary treatment), dan pengolahan akhir (post treatment). Limbah yang pengolahannya menggunakan sistem treatment biasanya limbah yang jika dibuang begitu saja maka akan sangat berbahaya bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Untuk mencegah bahaya yang terjadi maka limbah harus diolah dulu sedemikian rupa agar limbah menjadi tidak berbahaya.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel