RPP dan Silabus SD Kelas 2 Semester 1 - 2 (K-13) - foldersoal.com

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas 2 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. RPP ini dapat digunakan oleh setiap guru sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan. Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini guru akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya.

Melalui perencanaan pembelajaran yang dibuat, maka kegiatan pembelajaran akan dapat dilakukan secara terkontrol, logis dan sistematis (Susilana, 2006: 241). RPP akan membantu guru dalam mengorganisasikan materi standar, serta mengantisipasi peserta didik dan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran. Baik guru maupun peserta didik mengetahui dengan pasti tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapainya. Dengan demikian guru dapat mempertahankan situasi agar peserta didik dapat memusatkan perhatian dalam pembelajaran yang telah diprogramkannya. Sebaliknya, tanpa RPP atau tanpa persiapan tertulis maupun tidak tertulis, seorang guru akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya. Seorang guru yang belum berpengalaman pada umumnya memerlukan perencanaan yang lebih rinci dibandingkan seorang guru yang sudah berpengalaman.

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan komponen penting dari kurikulum.

perencanaan pembelajaran kelas 2 SD/MI dibangun berdasarkan:

1. Perencanaan, berarti menentukan apa yang akan dilakukan.
2. Pembelajaran, berarti proses yang diatur dengan langkah-langkah tertentu, agar pelaksanaannya mencapai hasil yang diharapkan.

Jadi, RPP SD/MI kelas 2  adalah rencana guru mengajar mata pelajaran tertentu, pada jenjang dan kelas tertentu, untuk topik tertentu, dan untuk satu pertemuan atau lebih.

Berikut ini adalah RPP dan silabus untuk SD/MI kelas  2 Semester 1 dan 2:

[1] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1& 2 - Hidup Rukun
[2] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Bermain di Lingkunganku
[3] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Tugas Sehari-Hari
[4] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Aku dan Sekolahku
[5] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Air Bumi Dan Matahari
[6] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Hidup Sehat dan Bersih
[7] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Merahat tanaman dan tumbuhan
[8] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 & 2 - Keselamatan di rumah

Silabus SD Kelas 2 20017


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel