RPP dan silabus Kelas 1 SD/MI Semester 1 & 2 Kurikulum 2013 - foldersoal.com

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.

Tujuan dan manfaat pembuatan RPP yaitu; untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek dan disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap perkembangan individu siswa serta dirancang secara matang sebelum pembelajaran.

Dulu guru selalu menerima dalam bentuk jadi kurikulum yang ditawarkan dari pusat. Kini pemerintah ingin agar setiap sekolah mampu untuk membuat kurikulum sendiri. Kurikulum 2013 menuntut kreativitas untuk menyusun kurikulum yang sesuai dengan kondisi lokal.
Untuk membantu para guru menyusun kurikulum Pemerintah menyediakan bantuan berupa kerangka acuan, seperti: standar kompetensi dan kompetensi dasar. Berpegang pada inilah Rancangan pelaksanaan pembelajaran disusun.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai standar kompetensi (SK) dan  kompetensi dasar (KD).  Adapun langkah-langkah dalam pembuatan RPP adalah : 1)  Menuliskan Identitas Mata Pelajaran, 3) Menuliskan Kompetensi Dasar, 4)  Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi, 5)      Merumuskan Tujuan Pembelajaran, 6)  Menuliskan Materi Ajar, 7)  Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan, 8)   Merumuskan kegiatan pembelajaran, 9) Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar, 10)  Penilaian Hasil Belajar.

Bagi Bapak atau Ibu guru yang mengajar di sekolah SD/MI kelas 1 yang ingin membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas 1 semester 1 dan 2, berikut ini adalah contoh RPP dan Silabus yang mungkin bisa Bapak / Ibu kembangkan.

Download
RPP Kelas 1 SD/MI Semester 1 & 2 Kurikulum 2013
Silabus Kelas 1 SD/MI Semester 1 & 2 Kurikulum 2013


Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel